Minggu, 26 Oktober 2014

Pizza on Teflon

Yap yap!
Seperti judul yang di atas, kali ini saya mencoba memasak pizza menggunakan teflon. Tak lain karena memang saya gak punya oven :(

Niat membuat pizza ini memang sudah ada sejak dulu dan sudah googling sana-sini juga buat resepnya. Cuman baru sempat dieksekusi sekarang, tepatnya sih 21 Oktober kemarin. Ceritanya, beberapa hari sebelumnya saya ngiler pizza yang promosinya gencar banget. Kayaknya sih enak, akhirnya saya pun memesan satu. Namun setelah si pizza ada di depan mata saya, ternyata di luar harapan. Pizzanya kecil! Saya gak puas dong makan pizza sekecil itu dengan rasa yang tidak terlalu wah. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat pizza sendiri.

pizza
Pizza



Resepnya saya coba mengikuti resep Mbak Endang JTT.

Bahan adonan  pizza:
- 150 ml air hangat
- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (misal Fermipan)
- 1/2 sendok teh garam
- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal Segitiga Biru atau Cakra Kembar)

Bahan topping :
- Saus sambal
- Sosis
- Bawang bombay
- Keju
- Jagung
- Mayonaise

Semua sesuai selera :)

Langkah pembuatan :
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya,  aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 

Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diisitirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap.

Setelah adonan mengembang, tata adonan di atas teflon yang sudah diolesi minyak atau margarin. Beri toping sesuai selera dan masak dengan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit tergantung ketebalan pizza.

Namun saya juga masih tidak puas dengan hasil pizza menggunakan teflon ini, karena tekstur roti pizzanya lebih mirip seperti serabi. Hiks :'(
Entah apa yang salah dalam proses pembuatannya. Tapi overall rasanya enak kok, mungkin kalau dimasak menggunakan oven akan lebih mantap :)

0 komentar:

Posting Komentar