Senin, 27 April 2015

Kirin (Kimbap Rina) | Hadir untuk Korean Lover

Namanya sama kayak salah satu sekolah di salah satu drama korea yang ngehits itu yah? Tapi ini bukan sekolah, melainkan sebuah tempat makan. Rumah makan, karena lokasinya adalah rumah, hehe. Pemiliknya adalah Mbak Rina yang pernah studi di Korea. Kirin ini terletak di Jalan Kalpataru, persis di depan Hotel Kalpataru itu. Sebelah kiri jalan kalau datang dari arah Suhat. Jangan ngebut-ngebut yah kalo baru pertama kali ke sana, soalnya papan namanya kecil. Perhatiin aja kalo ada banyak motor yang parkir di pinggir jalan.

Karena nyempilnya itulah saya gak tahu tentang Kirin ini sampai teman saya ngasi tau dan kebetulan lewat di Kalpataru. Akhirnya mampirlah di situ.

Begitu masuk, kita akan disambut dengan pemandangan mbak-mbak yang lagi masak. Dapurnya yang terbuka terletak pas di depan gerbang masuk. Setelah itu kita ke kasir buat pilih-pilih menu, pilih, lalu bayar, kemudian antri deh sampai dapat kursi kosong. Tapi makan di sini mesti sabar yaah, karena nungguin masakannya datang itu lama. Jadi kalau udah kelaperan banget, gak cocok buat ke sini :D

Menu-menu yang disajikan tentu saja masakan khas korea. Namun minuman yang ditawarkan hanyalah teh kotak dan air mineral saja.

Pada kedatangan pertama, saya berdua dengan teman dan memesan Paket A. Paket A berisi rapokki, dakgalbi, dan kimbab tuna mayo... masing-masing satu porsi. Di kedatangan selanjutnya saya memesan odeng, patbingsoo, dan kimchi fried rice.

Kirin (Kimbap Rina) - Rapokki


Rapokki ini adalah kue beras (tokpokki) dan mie ramyun yang dimasak dengan bumbu gochujang (pasta cabe korea) dan dilengkapi dengan bawang bombay, wortel, kubis, serta bakso ikan. Wahh... warnanya yang oranye-oranye gitu benar-benar menggugah selera. Kalau buat rasa sih, enak! Apalagi mie itu sudah terkenal sebagai makanan yang paling enak kan? Hehe.

Kirin (Kimbap Rina) - Dakgalbi

Ini adalah dakgalbi. Kalau di sini, dikatakan bahwa dakgalbi itu adalah nama bumbunya. Bumbu itu kemudian dimasak bersama ayam, ubi, tokpokki, dan daun bawang. Makanan rasanya juga enak banget. Bumbunya cocok di lidah saya. Dan yang paling saya suka adalah ubinya itu, cocok banget emang dimasak kayak gini. Ubi yang manis ditambah bumbu yang gurih ini... hmmm, bikin saya ngences lagi. Aduh, dicobain sendiri ajah gitu perpaduan rasanya. Nikmat banget. Bikin kenyang lagi!

Kirin (Kimbap Rina) - Kimbap Tuna

Kalau yang ini pasti udah sering lihat kan? Serupa tapi beda dengan sushi, ini adalah kimbap. Nasi gulung yang didalamnya ada tuna, timun, wortel, telur dadar, dan mayonaisenya lalu dibungkus dengan lembaran nori. Seporsinya ada sepuluh potong yang bikin kenyang.

Paket A ini walaupun cuma tiga item tapi kalau dimakan berdua dengan perut yang normal, waahh... ngenyangin pake hampir gak bisa habis!

Kirin (Kimbap Rina) - Odeng

Odeng ini adalah favorite saya di Kirin. Iya, soalnya saya suka seafood dan suka yang bening-bening sih, hehe :D

Odeng merupakan sup yang berisikan bola-bola ikan dan lembaran fish cake (odeng) yang ditusuk seperti sate itu. Lalu dimakannya bisa dicocolin di sambalnya yang sepertinya terdiri dari kecap asin, cabai, dan wijen. Mungkin ada tambahan cukanya juga, saya gak tau. Tapi rasanya itu ringan, agak asem, gak pedas, hmm... pas deh buat mengimbangi 'ke-ikan-an' dari odeng dan bola ikannya. Kuahnya pun segar dan berbumbu, dari kaldu ikan gitu. Odengnya sendiri mirip-mirip tahu sih penampakannya, tapi teksturnya itu lebih elastis dari tahu namun tidak kenyal. Kayak sosis tapi lebih lentur gitu. Cobain ajah sendiri :D

Sayangnya odeng ini adalah menu spesial yang hanya bisa dinikmati di hari Minggu dan Senin saja.

Kirin (Kimbap Rina) - Patbingsoo

Ini nih yang menjadi primadona di Kirin. Es buah ala Korea ini. Patbingsoo di Kirin porsinya semangkok gede dengan isian berlimpah. Idealnya sih untuk porsi dua orang ini. Yang paling atas dari toppingnya ada satu scoop es krim stroberi, lalu ada potongan kiwi, stroberi, pisang, mochi, nangka, dan cornflakes. Di bawah es krim itu ada siraman pasta kacang merah dengan ukuran kacang yang besar-besar. Lalu di bawahnya, kira-kira setengah mangkok itu, ada krikil-krikil es batu. Haha.

Begitu menu ini disajikan, mbaknya biasanya akan bertanya, 'sudah pernah makan patbingsoo?'. Lalu dia akan mencampurkan patbingsoo kita. Intinya, keseluruhan topping tersebut harus tercampur merata sampai ke dasar-dasarnya.



Makanya jadinya akan seperti ini. Hehe.

Rasanya yang manis dan dingin memang seger banget dinikmati siang-siang gitu.

Tips dari saya. Sebelum mencampur semua buah-buahannya, pastikan pisangnya dilumat dulu yaa sampai halus. Karena pisang yang halus itu teksturnya mirip es krim. Jadi kalau sudah tercampur semua, airnya itu gak terlalu encer dan masih ada rasa-rasa seperti es krim gitu deh.


Kirin (Kimbap Rina) - Kimchi Fried Rice

Menu terakhir yang saya pesan adalah nasi goreng kimchi. Dibungkus untuk dimakan sebagai makan malam. Kemasannya pun apik, melapisi nasinya dengan alumunium foil agar tetap hangat. Nasi gorengnya dimasak dengan kimchi, lalu diberi telur mata sapi, nori, irisan daun bawang, dan kimchi segar.

Sayangnya, menu terakhir ini adalah menu yang tidak cocok dilidah saya. Kimchi itu asam-asam kecut gitu. Saya biasanya makannya sedikit aja dan dicampur dengan mie atau nasi putih, sedangkan ini dicampur dengan nasi goreng dan porsi kimchinya lebih banyak dari yang saya biasanya makan. Lalu nasinya juga agak lembek, saya sukannya nasinya yang agak kering gitu. Nasi goreng enaknya nasinya yang gak lengket-lengket kan?

Semua makanan di sini saya rate 8/10, kecuali nasi gorengnya yang 6/10. Walaupun warna-warna masakan di sini mencolok, tapi buat yang gak bisa makan pedas, jangan takut... karena ini hanya warnanya saja yang mencolok tapi tingkat kepedasannya gak bikin kepedesan, alias pas. Nah kalau yang suka pedas, bisa nambah lagi karena ada pilihan level 1, 2, dan 3. Harganya memang gak murah banget, tapi ada rasa ada harga dan ada kenyang. Karena porsinya di sini itu walaupun keliatan normal tapi bisa bikin kenyang banget! Jadi terbayarkanlah harga itu dengan kenyang yang didapat :)

Kalau mau makan di sini silahkan datang mulai dari jam 12.00, Kirin tutup saat menu-menunya sold out. Tapi jangan datang hari Kamis ya, karena libur :D








Kirin (Kimbap Rina) - Daftar Menu dan Harga
*Note : Harga di atas adalah per tahun 2014

1 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-pankreas/

    BalasHapus