Sabtu, 30 April 2016

Pancake Empuk dan Lumer

Malam Minggu dan saya asyik berkutat dengan blog tercinta ini. Walaupun baru dua hari yang lalu saya update, tapi tak mengapa. Niat saya kan mau rajin update agar masakan dan makanan yang saya dokumentasi bisa segera diupdate, sehingga saya bisa memindahkannya dari memori ponsel saya yang sudah terlalu penuh.

Nah kali ini saya akan berbagi resep pancake. Suatu masakan sederhana a la orang bule yang biasa disajikan pada saat sarapan. Tinggal timbang, cemplung, aduk, lalu panggang deh. Hmm... bisa jadi mereka juga menggunakan tepung pancake siap saji sehingga semakin memudahkan penyajian menu sarapan sederhana ini. 

Lalu kenapa pancakenya bisa lumer?

Tidak lain karena teksturnya yang sangat empuk dan ketika dinikmati dengan vla, langsung lumer di mulut. Gak perlu dikunyah. Tinggal hap, rapatkan mulut dan lidah, lalu pancake yang empuk ini akan meluncur memenuhi lambung anda. Sedaapp.

PANCAKE EMPUK DAN LUMER

Bahan:
  • 110 gram tepung terigu serba guna (Mis. Segitiga Biru)
  • 1 1/4 sendok teh baking powder  (gunakan yang double acting, pastikan masih fresh, cek masa pakainya)
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
  • 135 ml susu cair
  • 2 sendok makan mentega atau 40 gram, cairkan dan dinginkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam di resep.
  • 2 sendok teh white vinegar/air jeruk nipis


Cara membuat:
  1. Campur susu cair dengan white vinegar/air jeruk nipis, aduk rata dan diamkan selama 5 menit. Campuran ini berfungsi sebagai pengganti buttermilk agar pancake nantinya menjadi empuk dan lembut.
  2. Dalam mangkuk lain, aduk semua bahan kering hingga tidak ada tepung yang menggumpal.
  3. Dalam mangkuk lain, masukkan mentega cair yang telah dingin, telur, dan susu. Aduk hingga rata.
  4. Masukkan tepung ke dalam bahan cair. Aduk perlahan dengan spatula hingga semua bahan tercampur. Jangan mengaduk berlebihan agar pancake tidak menjadi keras. Tekstur adonan kental dan pekat.
  5. Panaskan teflon kemudian olesi permukaannya dengan margarin dan tuangkan satu sendok sayur adonan. Panggang hingga muncul gelembung kecil di permukaan adonan. Balik pancake agar bagian atasnya juga terpanggang. Jangan ditekan.
  6. Jika telah kecoklatan dan matang, angkat dan sajikan.


Saya menyajikan pancake ini dengan vla instan yang biasa dijual di toko-toko. Anda bisa menyajikannya dengan topping sesuai selera. Coklat, keju, selai buah-buahan, madu, atau es krim... semua bisa.

Selamat mencoba! ^^

2 komentar:

  1. aku liatnya kayak serabi malahan hul >.<

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... sengaja dibikin begitu sher, selain karena gak punya cetakan juga :D

      Hapus