Kamis, 28 April 2016

Pastel

Halo, Assalamu'alaikum...
Saya kembali lagi, kembali rajin walaupun yang dipost sudah dimasak setahun yang lalu. Hehe. Sayang kan dokumentasi yang udah saya bikin kalau cuma disimpan di ponsel saja. Terlebih lagi saat itu saya sukses membuatnya. Jadi postingan ini sekalian menjadi catatan saya, nanti kalau mau bikin lagi tinggal buka blog aja buat nyari resepnya ^^

Dan untuk postingan selanjutnya juga saya masih akan bernostalgia dengan dokumentasi makanan yang ada di ponsel saya.


Pastel bukan merupakan jajanan favorite saya, walaupun saya suka dengan pinggirannya yang garing. Saya belajar membuat pastel karena mendengar orang yang dekat dengan saya menyukai jajanan ini. Saya percaya suatu makanan mampu meraih hati seseorang jika dibuat dengan penuh cinta, ditambah lagi jika makanan itu merupakan kesukaannya. Maka saya pun mencari resep pastel yang mudah serta menggiurkan. Pilihan saya jatuh pada pastelnya Mba Nina.


PASTEL
Source: Catatan Nina

Bahan kulit:
  • 250 gr tepung terigu serbaguna 
  • 1 butir telur 
  • 40 gr margarin 
  • 60-100 ml air (dikira-kira sampai adonan terasa kalis) 
  • 1/2 sdt garam 
  • minyak untuk menggoreng


Bumbu isian:
  • 3 siung bawang putih 
  • 2 butir bawang merah 
  • garam, merica dan gula secukupnya


Bahan isian:
  • 150 gr kentang, kukus dan haluskan
  • 3 buah wortel, potong dadu kecil 
  • 3 butir telur rebus, belah


Cara membuat kulit:
  1. Campur terigu, margarin dan telur. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan diuleni sebentar hingga kalis.
  3. Gilas hingga tipis dan cetak bentuk bulat.


Cara membuat isian:
  1. Haluskan bumbu.
  2. Panaskan 1 sdm minyak dan tumis bumbu hingga harum.
  3. Masukkan wortel dan masak sebentar hingga layu.
  4. Masukkan kentang, garam, gula dan merica bubuk. Aduk hingga rata. Test rasa. 


Penyelesaian:
  1. Ambil selembar kulit yang sudah dicetak, beri isian, tambahkan telur rebus.
  2. Rekatkan antara sisi-sisinya dan pilin hingga rapi. Lakukan hingga habis.
  3. Panaskan minyak, goreng pastel hingga kecoklatan. 
  4. Angkat dan siap disajikan.

Saya memodifikasi resep isian yang digunakan Mba Nina, bihun saya ganti dengan kentang agar lebih mengenyangkan. Isiannya pun saya banyakin dalam setiap bijinya. Eh tapi ternyata terlalu penuh hingga sulit merekatkannya dan kadang ada yang robek saat digoreng :D

Secara rasa sih enak. Orang terdekat saya itu menyukainya, walaupun pastel ini disantap lewat tengah hari dengan kondisi sudah banyak minyaknya yang keluar karena saya menggorengnya pada malam hari. Next time insya Allah saya akan membuatnya kembali.




Selamat mencoba! ^^

0 komentar:

Posting Komentar