Kamis, 21 April 2016

Oreo and Cheese Cake dengan Rice Cooker

Bismillah...

Sudah berhari-hari saya menatap lembaran putih draft ini. Niatnya sih pengen update resep baru, tapi malas sekali untuk memencet tombol keyboard. Saya malah lebih tertarik mengutak-atik template blog. Itu terus yang saya kerjakan seminggu, mungkin dua minggu, belakangan ini. Jadi kalau ada yang berkunjung ke blog saya dan menemukan templatenya berubah-ubah, atau mungkin lagi gak rapi, yaa memang karena lagi direkonstruksi. Hehe. Dan mungkin ke depannya nanti saya bakal ganti lagi, tapi jangan bosan berkunjung ke tempat saya ini yah. ^^

Nah, kali ini saya akan membagikan salah satu hasil baking saya saat masih ngekos dulu. Eits, bakingnya gak perlu pakai oven kok, cukup menggunakan rice cooker aja seperti di judul. Yah namanya juga anak kos yah, gak bisa lah punya oven. Mau diletakkan di mana? Kecuali kalo kosannya mewah, hehe.

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan, saya bukan pecinta cake yang dikukus, khususnya hasil cake kukus saya. Karena terlalu berminyak. Saya belum bisa membuat cake kukus yang moist tapi gak berminyak, semacam bolu kukus mekar gitu. Jadi lah saya mencari resep kue yang bisa dipanggang dengan rice cooker. Alhamdulillah ketemu di blognya Mba Siwi. Makasi resepnya yah mba ^^

Tampilannya ga menggoda ya? :D

Maka saya pun mempraktekkannya. Tentunya dengan alat yang minim, tanpa mixer seperti Mba Siwi. Saya mengocok telurnya dengan cara memasukkan ke dalam botol air mineral lalu dishake sampe tangan pegel. Lumayan lah untuk membuat telurnya lebih berbusa. Nah kalo yang punya kocokan balon bisa juga menggunakan itu, tapi tenaga tangan saya tetap tidak cukup untuk membuat si telur mengembang. Lalu kejunya pun tidak saya parut melainkan hanya dipotong dadu kecil-kecil saja dan tepungnya tidak saya ayak sehingga masih bergerindil. Dua hal ini menyebabkan tekstur cakenya menjadi tidak mulus. Duuuhh... masih awam banget dah pokoknya waktu itu soal baking :D

Dan saya pun menambahkan oreo crumb di adonannya, bukan potongan oreo, sehingga warnanya gak cantik. Hehe. Resep ini pun menjadi lebih mudah karena takaran yang digunakan adalah sendok, jadi tidak perlu repot mencari timbangan. Jika anda ingin mencoba membuatnya, jangan ikuti kesalahan saya yaa ^^

OREO AND CHEESE CAKE

Bahan:
  • 3 sdm tepung terigu protein rendah, di ayak
  • 5 sdm gula pasir
  • 4 buah biskuit oreo tanpa isi, hancurkan kasar
  • 2 butir telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 30 ml susu cair
  • 100 gr keju cheddar parut, bagi jadi dua
  • 1 sdm mentega/margarin, lelehkan
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdt baking powder

Cara membuat:
  1. Campurkan semua bahan kering, tepung terigu, baking powder, dan susu bubuk.
  2. Panaskan susu cair dan sebagian keju parut, aduk aduk hingga keju larut dan tambahkan mentega cair lalu aduk rata. Dinginkan.
  3. Kocok gula, telur, dan emulsifier hingga mengembang.
  4. Tambahkan campuran bahan kering kedalam adonan telur sedikit demi sedikit bergantian dengan campuran susu keju secara, kemudian masukkan oreo yang telah dihancurkan dan keju parut, aduk dengan spatula sampai rata.
  5. Olesi panci rice cooker dengan margarin, tuang adonan kedalamnya
  6. Masak sampai cake matang, jika beralih ke warm tapi cake belum matang tunggu sekitar 10 menit kemudian tekan tombol cook kembali. Lakukan sekali lagi kemudian cek dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan basah yang menempel maka cake telang matang. Angkat.
  7. Setelah cake dingin keluarkan dari panci rice cooker dan hias sesuai selera.
Lumayan juga kan cakenya untuk dinikmati sambil ngerjain tugas dan laporan praktikum (kala itu). Lain kali insya Allah saya pengen bikin lagi tapi versi panggang dengan oven :D


Selamat mencoba! ^^

PS : Alhamdulillah berhasil update juga :D

0 komentar:

Posting Komentar