Jumat, 21 November 2014

Steamed Blackforest Pinata Cake

September kemarin saya ingin membuat cake untuk hari spesialnya seseorang yang istimewa. :)
Pilihan saya pun jatuh pada blackforest. Alasannya adalah karena sebelumnya saya pernah membuat blackforest namun dengan tepung premix yang sudah jadi. Untuk kali ini, berhubung yang akan menerima masakan saya adalah orang istimewa, jadi saya bersikeras untuk membuat adonan tepungnya sendiri. Semua harus saya kerjakan sendiri!
Setelah browsing-browsing, saya memilih untuk menggunakan resep blackforest kukus Mbak Endang JTT karena saya hanya mempunyai dandang pengukus di kosan. Pengalaman Mbak Endang di dunia memasak pun membuat saya percaya bahwa kue saya tidak akan gagal.
Dan benar saja… saya sudah berhasil pada percobaan pertama! >_<
Padahal biasanya saya selalu gagal walaupun sudah benar-benar mengikuti resepnya sekalipun.
Cake yang telah matang pun saya bentuk menjadi pinata cake agar ada tempat untuk menyimpan kejutan yang lainnya. Hehe :3
Cake hanya saya hias dengan ganache kocok saja dan pada tepiannya saya tempeli dengan biskuit stick untuk menjaga agar krim tidak belepotan ke kotak kuenya.



Bahan Cake Coklat :
  • 85 gram coklat bubuk kualitas yang baik
  • 227 gram tepung terigu serba guna
  • 300 gram gula bubuk (haluskan gula pasir dengan menggunakan blender)
  • 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh garam
  • 450 gram susu cair + 2 sendok makan air jeruk nipis (sebagai pengganti buttermilk)(saya tidak pakai)
  • 135 gram minyak sayur
  • 2 sendok teh vanila ekstrak
  • 4 butir telur ukuran besar (5 butir jika telur yang anda gunakan kecil), kocok lepas dengan garpu
Bahan ganache kocok :

  • 200 ml krim kental (yang ternyata kebanyakan, 150ml saja sudah cukup untuk cake saya)
  • 100 gr dark cooking chocolate (saya hanya memperkirakannya saja)
Cara membuat cake:
  1. Siapkan kukusan, isi dengan air sampai batas saringan dan didihkan sementara menyiapkan adonan.
  2. Siapkan wadah. Masukkan telur, kocok lepas menggunakan garpu. Masukkan minyak sayur dan susu cair, aduk hingga rata.
  3. Siapkan wadah lainnya yang lebih besar. Masukkan tepung, coklat bubuk, gula halus, vanila ektrak, garam, baking soda dan baking powder. Aduk rata menggunakan whisk. Kemudian bisa disaring agar tidak ada tepung atau gula yang menggumpal, tapi saya tidak melakukannya.
  4. Tuangkan bahan cair sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering, aduk sampai tercampur rata. Jangan diaduk terlalu lama agar cake tidak bantat.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Saya menggunakan loyang persegi panjang 21 cm x 11 cm. Adonan ini cukup untuk satu loyang, namun saya membaginya menjadi dua agar dapat mengembang dengan cantik.
  6. Kukus selama 40-50 menit hingga cake matang.
  7. Jika cake sudah matang, keluarkan dari kukusan dan tunggu hingga uapnya hilang baru bisa dikeluarkan dari cetakan.
  8. Hias sesuai selera anda.
Cara membuat ganache kocok :

  1. Potong-potong atau iris-iris DCC, letakkan dalam suatu wadah.
  2. Masak krim kental sampai mendidih. Jangan tunggu terlalu lama, langsung angkat begitu mendidih.
  3. Tuang krim kental ke dalam DCC, aduk hingga DCC meleleh sempurna.
  4. Biarkan hingga agak dingin. Saya hanya meletakkannya di suhu ruangan, dan setelah mendingin krimnya mulai kaku.
  5. Oleskan pada cake.
Dan hasilnya adalah cake yang mengembang dan lembut, coklatnya juga terasa. ^_^


Sisa trimming kuenya saya bikin jadi semacam truffle namun lebih besar, kemudian saya lapisi dengan whip cream hasil nyolong di kue tar lain dan ditambah sedikit tulisan dengan coklat leleh. Kue sisa itu berakhir menjadi kue ulang tahun saya yang mini. Hehe :3

2 komentar:

  1. jdi pengen buat sendiri hehe makasih info resep nya :) oia intip intip dong http://bit.ly/1qXwAU3

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicoba, gampang kok resepnya :)

      wow... foodie bandung yah?

      Hapus