Sabtu, 15 November 2014

Churros

Churros. 
Namanya keren, bikin saya penasaran. Apalagi katanya churros ini adalah cemilannya orang luar negeri sana. Biasa disajikan untuk teman minum teh. Tapi ternyata, setelah saya berhasil membuatnya, rasanya malah seperti donat goreng. Dan teman saya mengomentari bahwa churros itu memang donat gorengnya orang luar negeri. Duuhh…
Yang paling susah saat membuat churros adalah mencetaknya dengan spuit. Pasalnya, saya tidak punya piping bag atau plastik segitiga. Jadi saya masukkan saja adonan churrosnya ke plastik klip. Pada awalnya sih berhasil mencetak churros yang panjang dan indah, tapi eeh… semakin lama plastiknya malah robek. Duh… itu kesalahan karena spuit saya ada pinggirannya sih. Maklum, baru pertama kali menggunakan spuit jadi belum tau jenis-jenis spuit. Ternyata ada yang tidak memiliki pinggiran, sehingga tidak akan merusak plastik adonan. Seperti yang biasa kita lihat di tipi-tipi itu.
Karena churros ini dioleh dengan cara digoreng, tentu saja saat terbaik menikmatinya adalah ketika masih panas. Masih kriuk-kriuk.
Churros


Churros (resep asli)
Bahan :
150 gr tepung terigu
100 ml susu cair
200 ml air
50 gr mentega/margarin
1/2 sdt garam
2 butir telur
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
1. Didihkan air, garam, susu, dan margarin di wajan anti lengket. Kecilkan api.
2. Masukkan terigu, aduk hingga kalis. Setelah kalis, matikan api. Angkat dari kompor dan tunggu hingga uap panasnya hilang.
3. Masukkan telur, lalu aduk lagi hingga rata.
4. Siapkan plastik segi tiga lalu pasang spuit berbentuk bintang, masukkan adonan lalu semprotkan di atas minyak panas.
5. Goreng dengan api kecil (deep fried) hingga kecoklatan.
6. Angkat, lalu taburi dengan gula halus.
7. Hidangkan.

Taburan :
Gula bubuk sesuai selera atau dicelupkan dalam DCC yang sudah dilelehkan
Di lain waktu saya kembali ingin menikmati cemilan ini, namun pada saat itu tidak ada piping bag dan spuit. Akhirnya saya membentuknya bulat-bulat saja dengan mengambil sesendok demi sesendok dan mencelupkannya ke minyak. Tidak ada yang salah dengan rasanya, tetap enak, cuman penampilannya saja yang mirip cilok goreng :D

2 komentar:

  1. entar kalo aku udah balik lagi ke rumah di bontang, mau coba resep-resep yang kau buat disini Hul ^^ churros ya... belum pernah rasain. aku sering liat ini dijual, tapi belum tertarik beli. gimana ya? dalam masa diet sih aku hullll :" hahaha, mana digoreng pula! tapi, sekilas aku liat ini kayak cakwe >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak kayak cakwe kok sher, itu aku aja yg ga punya spuit jadi bentuknya compang camping gitu :')

      rasanya sih mirip-mirip donat... makanya lebih enak makannya kalo pake cocolan :D
      bisa dipanggang juga kok ini..

      Hapus