Selasa, 12 Januari 2016

Terong Goreng Sambal

resep Terong Goreng Sambal
Terong Goreng Sambal
Ini adalah keikutsertaan saya yang pertama kali dalam NCC Weeks. Selama ini saya cuma melihat-lihat postingan resep peserta NCC Weeks di event-event yang sebelumnya. Belum pernah kepikiran buat ikutan sih, soalnya kala itu saya belum rajin blogging dan masih belum lengkap peralatan dapurnya. Tapi kali ini saya mencoba untuk ikutan soalnya temanya menarik: masakan ibu. Keikutsertaan saya ini sekiranya bisa menjadi penghargaan untuk ibu saya atas masakan-masakannya.





Kali ini saya akan membagikan resep terong goreng sambal yang biasa dimasak oleh ibu saya.

Ibu saya bukan ibu-ibu kantoran, sehari-hari selalu di rumah sambil berdagang. Namun, jaraaang sekali memasak. Memasak hanya dilakukan pada hari libur saja. Meskipun begitu, setiap masakannya selalu meningkatkan nafsu makan saya. Bumbu masakannya pun sederhana saja, tetapi racikannya pas.

resep Terong Goreng Sambal
Menikmati terong goreng sambalnya dengan nasi putih
Seperti terong ini. Rasanya yang pedas gurih membuat saya selalu merindukan masakan ini saat merantau di Malang. Di Malang saya tidak menemukan terong bulat sih... lagi pula jika saya tetap membuatnya pun rasanya akan berbeda dengan masakan ibu :D

resep Terong Goreng Sambal
Terong goreng sambal
Bahan (menggunakan takaran kira-kira saja yaa, disesuaikan saja) :
- Terong bulat, potong-potong
- Cabe rawit, sesuai selera
- Terasi, sedikit saja
- Bawang putih,
- Tomat

Cara membuat :
1. Uleg semua bumbu-bumbu, kecuali terongnya ya.
2. Panaskan wajan dan tuangkan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halusnya sebentar.
3. Masukan potongan terong, aduk hingga bumbu merata.
4. Masak hingga warna terong menggelap.
5. Sajikan.

Jika terong dimasak tidak terlalu layu maka akan ada sensasi kriuk-kriuknya. Terong goreng ini nikmat disajikan bersama nasi putih hangat. Hmm.... :)

resep Terong Goreng Sambal
Dimakan dengan nasi hangat, sedaaap!
Selamat mencoba! ^^

4 komentar:

  1. ya ampun, salah banget aku baca ginian malem-malem, Hul >.< enak banget kayaknya. Bumbunya sederhana dan kalo disantap sama nasi putih pasti bakal maknyus buangetttt

    BalasHapus
  2. akhirnya nemu resep terong yay \m/ (bilang aja selama ini malas nyari resep)

    kalo aku biasanya cuma digoreng dan dijadikan cemilan, hehe. gak pernah dimasak aneh-aneh. thanks resepnya mbak \m/

    btw pengambilan fotonya bagus 8(><)8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba... makasi juga pujiannya ;)

      Nah, kalo waktu di kosan dulu sih terongnya cuma digoreng tepung biasa aja. Tp kalo di rumah sering dimasak-masak kayak gini sama ibu, malah ibu gak tau yg namanya terong goreng tepung :D

      Hapus